Camat Jemaja Abdullah Sani S.Pd. Pimpin Upacara HUT Kabupaten Kepulauan Anambas ke 16

Shares

Jurnalsidik.com, Anambas – Camat Jemaja Abdullah Sani S.Pd. memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas yang ke 16 Tahun 2024, di Lapangan Sepak Bola Letung, Senin (24/06/2024).

Dalam Pidatonya, Camat Jemaja membacakan amanat Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Ke-16 Tahun 2024. Mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdullah Sani mengucapkan selamat kepada penerima penghargaan atas kinerja yang telah dilakukan sehingga pantas mendapatkan apresiasi dari pemerintah daerah.

Selain itu, Camat juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan kontribusi dalam membangun Kabupaten Kepulauan Anambas. Dirinya berharap semoga momen hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Anambas Ke-16 ini allah memberikan rahmat serta karunia buat seluruh masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Semoga warga Kepulauan Anambas selalu berada dalam lindungan dan rahmat Allah SWT, “Harap Camat Jemaja Abdullah Sani S.Pd.

Dikatakan Abdullah Sani. Peringatan hari jadi Kabupaten Kepulauan Anambas ini berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 4 Tahun 2011 tentang Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas dan ini bagian dari eksistensi daerah serta sebagai faktor integrasi masyarakat yang dapat meningkat kan pembangunan secara berkelanjutan dan mendukung pembangunan Nasional, menuju masyarakat adil dan beradab.

“Dalam 16 tahun terakhir, kita telah menjalankan pemerintahan secara otonomi menyusun perencanaan pembangunan daerah serta melaksanakan program prioritas, tentunya keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja dan dukungan dari kita semua.”katanya.

Pada kesempatan ini Camat Jemaja Mewakili Bupati Kepulauan Anambas menyampaikan beberapa indikator kinerja yang menunjukkan pencapaian visi dan misi pembangunan yang telah kita perjuangkan bersama-sama.

Indek Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kepulauan Anambas terus meningkat hingga di tahun 2023 IPM mencapai 72,8 persen. Yang menunjukkan adanya peningkatan berkelanjutan pada aspek mendukung pembangunan manusia.

Tingkat pembangunan pada tahun 2023 mencapai 2,55 persen menurun dari tahun sebelum nya, mencerminkan adanya upaya berkelanjutan menciptakan peluang kerja baik. Membuat ekonomi KKA menunjujkan perkembangan positif dengan pertumbuhan 4,12 persen. Pada tahun 2023 naik 3,6 persen, pada tahun 2024. Ini mencerminkan keberhasilan kebijakan pembangunan yang fokus kepada sektor pariwisata, perikanan.

BACA YANG LAIN JUGA :   Idul Adha 2024, 11 Sapi Qurban di Masjid Jami' Baiturrahim

Persentasi penduduk miskin mengalami penurunan dari tahun sebelum nya pada tahun 2022 yaitu sebesar 7,51 persen daripada tahun 2023 sebesar 6,95 persen. Penurunan penduduk miskin ini akan terus kita gesa agar masyarakat Kepulauan Anambas semakin sejahtera dan memiliki daya saing yang kuat.

Pemerintah daerah berhasil menurunkan angka stunting dari 6,46 persen pada tahun 2022 menjadi 5,07 persen pada tahun 2023 melalui kolaborasi dan sinergi di lintas sektor.

Untuk mendukung kinerja daerah, sebagai program kebijakan pembangunan terus di tingkatkan lagi di berbagai sektor, komitmen yang kuat serta dedikasi dari kita semua sebagai penentu dari keberhasilan yang telah kita capai selama ini. Tanpa kerja keras dari seluruh komponen pemerintah, stakeholder dan dukungan dari seluruh masyarakat kami percaya pencapaian akan sulit untuk di capai.

Adapun ada beberapa gambaran secara umum yang telah kita peroleh antara lain : pada sektor pendidikan pemerintah daerah telah memberikan beasiswa kepada 58 putra dan putri dengan total biaya sebesar 1,8 Milyar dan meningkatkan komitmen guru 391 guru yang telah bersertifikasi. Pemerintah juga telah dan akan terus melakukan pembangunan revitalisasi dan rehabilitasi sarana dan prasarana pendidikan secara keseluruhan.

Penanganan kekerasan di satuan Pendidikan pemenang kategori komitmen pemerintah daerah dalam implementasi pendidikan eklusif, pemenang kategori PAUD, SD dalam program Kurikulum Merdeka.

Dibidang Kesehatan, Pemerintah telah meningkatkan sarana dan prasarana alat-alat kesehatan serta rehabilitasi RSUD Tarempa, Pembangunan Ruang Operasi RSUD Palmatak, saat ini RSUD Palmatak, RSUD Tarempa dan RSUD Letung telah ter akreditasi tipe D. Dan untuk RSUD Tarempa akan ditingkatkan menjadi Tipe C.

Perlu saya impormasikan juga bahwa persentasi penduduk yang mendapatkan perlindungan dari BPJS hingga tahun 2023 tercatat dan telah mencapai 95,2 persen. Capaian angka tersebut menjadikan pemerintah daerah mendapatkan penghargaan di tahun 2023 yaitu penghargaan atas pelaksanaan jaminan kesehatan dari pada penyelenggara jaminan kesehatan Nasional.

BACA YANG LAIN JUGA :   Fathurrahman Ingin Pemuda Anambas Lebih Berprestasi

Terkait infrastruktur, sebagaimana yang dapat kita saksikan bersama bahwa pembangunan fisik terus secara berkesinambungan dilaksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dengan bekerjasama deng bersinergi anatara pemerintah propinsi Kepri dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas kita telah berhasil menyelesaikan Jembatan selayang pandang 2 (dua). Selain itu pemerintah daerah juga terus mendorong pembangunan dari pemerintah Pusat, Impres dan Dana Alokasi Khusus.

Pada tahun 2023 telah dilaksanakan penanganan ruas jalan sepanjang 8,6 Kilo Meter yang Bersumber dari anggaran Impres pembangunan jalan daerah, pada tahun 2024 akan dilanjutkan pembangunan jalan sepanjang 50 Km.

Selain dari IPM, Pendidikan, Kesehatan, Stunting, dikesempatan itu juga dijelaskan progres pengembangan dibidang Pariwisata dan Perikanan Maritim.

Pelaksanaan peringatan ulang tahun Kabupaten Kepulauan Anambas Tahun ini kita laksanakan dengan mengusung Tema “Melalui Semangat Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Anambas Ke 16 Kita Wujudkan Pembangunan Ekonomi, Meningkatkan Pelayanan Publik dan Tata Kelola Pemerintah yang Efektif serta Sumberdaya Manusia yang Tangguh, Berkualitas, Berbudaya dan Religius”.

Semoga dengan ini kita dapat terus membangun dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Anambas.

“Kita berharap rangkaian kegiatan HUT ke 16 ini menjadi momentum bagi kita semua untuk terus berjuang bersama-sama memberikan kontribusi serta dedikasi Kabupaten Anambas sebagai Kabupaten Maritim terdepan dan memiliki daya saing dan berakhlakul karimah, ” Jelas nya.

Hadir dikesempatan itu, Danposal Jemaja, Kapolsek Letung, Danramil Letung, KUA Letung, Para Kepala UPT, Korwil, Basarnas Dll.

262

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *