DPRD Bintan Laksanakan Paripurna Penyampaian LKPj Bupati Bintan Tahun Anggaran 2023

Pimpinan Rapat

Shares

Jurnalsidik.com, Bintan,- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bintan melaksanakan Rapat Paripurna Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Tahun Anggaran 2023 di Ruang Sidang Paripurna Sekretariat DPRD Bintan, Kamis (28/03).

Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua I DPRD Bintan, Fiven Sumanti dan dihadiri Bupati Bintan, Roby Kurniawan, Wakil Bupati Bintan, Ahdi Muqsith dan Wakil Ketua II DPRD Bintan, Agus Hartanto serta kepala OPD dan segenap anggota DPRD Bintan.

Bupati Bintan bacakan LKPj tahun anggaran 2023

Dalam penyampaiannya, Bupati Bintan, Roby Kurniawan memaparkan, hingga saat ini proses audit masih berlanjut dan akan segera dilaporkan kembali semua hasilnya pada sidang lanjutan. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

“Penyampaian laporan pertanggungjawaban realisasi APBD Tahun 2023 akan dilaporkan secara tersendiri setelah audit BPK tuntas,” ujar Roby.

Lanjut Bupati Bintan memaparkan. Pendapatan Daerah Kabupaten Bintan ditargetkan sebesar Rp1,112 triliun, sementara realisasinya sebesar Rp1,125 triliun atau sebesar 101,20 persen. Untuk capaian 2023 melebihi target yang telah ditetapkan sebesar Rp13,33 miliar.

LKPj disampaikan oleh Bupati Bintan Roby Kurniawan kepada Wakil Ketua I DPRD Bintan Fiven Sumanti

Belanja Daerah tahun 2023 terdiri dari Belanja Operasi, Belanja Modal, Belanja Tak Terduga, dan Belanja Transfer. Belanja Daerah pada tahun 2023 dianggarkan Rp1,276 triliun lebih dan terealiasi akumulatif sebesar Rp1,130 triliun lebih atau mencapai 88,57 persen.

Pembiayaan Daerah meliputi Penerimaan Pembiayaan dan Penggunaan SiLPA sebesar Rp163,44 miliar lebih dengan realisasi mencapai 100 persen. Sementara, Penerimaan Kembali Pinjaman Daerah sebesar Rp0,- sehingga total Pembiayaan Netto sebesar Rp159,19 miliar lebih.

Peserta rapat

Perkembangan Indikator Makro Pembangunan Daerah yang menjadi pencapaian sepanjang tahun 2023. Diantaranya, Indeks Pembangunan Manusia mencapai 77,50 poin berdasarkan rilis BPS Bintan. Angka ini meningkat dibanding tahun 2022 yang tercatat 76,80 poin.

BACA YANG LAIN JUGA :   Diduga Akibat Terlindas Kendaraan Berat, Pekerja di Galang Batang Tewas

“Angka Kemiskinan yang juga kembali meraih tren positif. Penurunan angka ini pada tahun 2023 menjadi 5,90 dimana sebelumnya pada angka 6,44 pada tahun 2022. Angka Pengangguran juga ditekan menjadi 5,43 persen dari sebelumnya 6,91 persen,” jelas Roby melanjutkan paparannya.

Pimpinan Rapat

Sidang Paripurna kali ini akan berlanjut pada Sidang Paripurna penyampaian LKPJ yang akan dijadwalkan usai proses audit selesai dilakukan. Roby kemudian menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas dukungan serta berbagai masukan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah demi kemajuan Bintan sesuai dengan cita-cita yang diharapkan maupun yang tertuang dalam visi dan misi Kabupaten Bintan.(Red/Adv)

13

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *