Tingkatkan Pariwisata, Yayasan Anambas Lepaskan Ratusan Tukik di Pantai Teluk Sadang

Shares

Jurnalsidik.com, Anambas,-Yayasan Anambas melakukan pelepasan tukik (anak penyu-red) di Pantai Teluk Sadang Desa Sunggak, Kecamatan Jemaja Barat Kabupaten Kepulauan Anambas, Sabtu (08/06/2024).

Ketua Yayasan Anambas mengatakan bahwa pelepasan tukik ini merupakan salah satu kegiatan yayasan yang konsisten berupaya melestarikan alam di Anambas dan agar ke depannya Pantai Teluk Sadang menjadi daerah wisata alam yang terjaga kelestarian alam tumbuhan dan kehidupan binatangnya.

Saat pelepasan tukik

Yayasan Anambas konsisten menjaga kelestarian kehidupan penyu di daerah ini. Menurut Jerry Winata beberapa waktu ini sejak bulan april diperkirakan terdapat 20 ribu telur penyu yang ada di pantai.

“Dari 20 ribu telur, saat ini sekitar delapan ratus lebih tukik yang sudah menetas. Jadi kalau dalam satu tahun bberapa banyak tukik yang bisa diselamatkan,”terang Jerry Winata.

Menurut Jerry, dari banyaknya tukik yang dilepaskan ke pantai, namun hanya beberapa penyu yang kembali lagi ke pantai untuk bertelur. Kondisi ini disebabkan banyaknya ancaman terhadap hewan tersebut.

“Perbandingannya satu banding seribu penyu yang balik kembali untuk bertelur, disebabkan tingkat keselamatan mereka sangat rendah oleh karna itu seberapa penting kita mencoba untuk memberikan mereka kesempatan untuk balik lagi ke tanah air mereka tempat mereka dilahirkan untuk bisa memberikan telor yg lebih banyak lagi,”kata Jerry Winata.

Tukik atau anak penyu

Atas berlangsungnya pelepasan tukik ini, Jerry Winata megucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir dan mendukung demi terciptanya Pariwisata Anambas yang berkelanjutan.

“Sebab kelestarian alam bukan hanya tugas satu instansi saja, namun dibutuhkan kolaborasi dari semua intansi dan semua pihak termasuk masyarakat,” ungkap Jerry Winata.

Kegiatan pelepasan tukik ini juga diharapkan dapat dilakukan kembali pada waktu mendatang.

BACA YANG LAIN JUGA :   HARI MANGROVE SEDUNIA, LANAL TAREMPA LAKSANAKAN PENANAMAN MANGROVE SERENTAK

Acara pelepasan anak tuki ini berlangsung di Pantai Teluk Dalam, Pasir Teluk Sadang. Turut hadir Kepala Dinas Pariwisata, Danposal Jemaja, perwakilan Ramil, perwakilan Polsek jemaja, perwakilan Kecamatan Jemaja, Kepala Desa Sunggak, Kepala Desa Impul, Kepala SMP di Dunggak, Kepala SD di sunggak.

Penulis : Hosnaini

Editor : EDY MANTO

568

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *