Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Laps Kelas II A Tanjungpinang

Shares

Jurnalsidik.com, Bintan,–  Seluruh pegawai dan warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Tanjungpinang Kanwil Kemenkumham Kepri melaksanakan upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023, Senin (02/10/2023).

Kegiatan ini mempedomani surat Plh. Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI Nomor: SEK-UM.04.01-824 tanggal 21 September 2023 Perihal: Pedoman Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM tahun 2023.

Saat itu Kepala Lapas Kelas IIA Tanjungpinang Maman Herwaman bertindak sebagai inspektur upacara. Maman Hermawan menyampaikan sambutan dari Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia yang mengingatkan pentingnya Pancasila sebagai ideologi yang mampu menjaga persatuan dan kesatuan dalam keberagaman Indonesia.

“Indonesia dikenal dengan kekayaan keberagamannya, meliputi agama, ras, suku, dan adat istiadat. Pancasila sebagai landasan yang mampu mengatasi perbedaan-perbedaan dan pertentangan.”kata Maman Hermawan di dalam pidatonya.

Lanjutnya menerangkan. Perbedaan adalah realitas kodrati yang tidak dapat dihilangkan, melainkan harus dihormati dan dihayati sebagai anugerah.

“Upacara peringatan ini menjadi momen berharga bagi seluruh Pegawai serta Warga Binaan Lapas Kelas IIA Tanjungpinang untuk merenungkan makna dan pentingnya Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, ” jelas Maman Hermawan.

Pelaksanaan Upacara di Lapas Kelas IIA Tanjungpinang berlangsung hikmat, penuh makna, seluruh peserta upacara berkomitmen untuk terus mengamalkan dan mempromosikan nilai-nilai Pancasila sebagai fondasi utama keberagaman dan persatuan Indonesia. (Red)

76

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *