H.M Soerya Mengajak Generasi Bangsa Memaknai Empat Pilar Berbangsa

Shares

Jurnalsidik.com, Batam – H. Muhammad Soerya Respationo menjadi narasumber di acara Sosialisasi Empat Pilar MPR untuk Muda-Mudi Gereja Se-Kota Batam, Sabtu (22/08). Ketua DPD PDIP Kepri itu, mengajak kaum muda selaku generasi bangsa untuk menjaga Pancasila sebagai dasar kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Acara berlangsung di Bandoeng Resto, Jln. Golden Land, Taman Baloi, Kec. Batam Kota, Kota Batam. Kegiatan diselengggrakan oleh Anggota MPR/DPR RI, Fraksi PDI Perjuangan, Dapil Kepulauan Riau, Mayjen TNI Mar. Sturman Panjaitan.

Soerya Respationo menjadi narasumber di acara Sosialisasi Empat Pilar MPR

Saat menjadi narasumber, Soerya Respationo, dihadapan para generasi harapan bangsa itu, menerangkan empat pilar MPR yang dimaksud, yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika.

Wakil Gubernur Kepri, 2010-2015, yang juga maju sebagai calon Gubernur Kepri di Pilkada 2020 ini, menegaskan bahwa empat pilar MPR adalah empat landasan kehidupan berbangsa dan bernegara yang merupakan tiang penyangga yang kokoh bagi suatu bangsa.

Soerya melanjutkan empat pilar kebangsaan ini berupa sistem keyakinan atau belief system atau philosophische grondslag, yang berisi konsep, prinsip dan nilai suatu bangsa, agar menjadi landasan yang kuat bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam mencapai cita-cita nasional, serta menjadi identitas atau jati diri bangsa Indonesia.

“Muda-mudi gereja adalah generasi cikal bakal penerus bangsa di masa depan, bagaimana bangsa Indonesia ke depan ditentukan oleh pemuda yang mengisi bangsa ini, jika pemuda-pemudi itu kuat dalam menjaga dan mengawal bangsa, maka Indonesia akan baik ke depannya dan juga sebaliknya. Maka dari itu muda-mudi yang hadir disini, harus dapat membumikan empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan bhinneka Tunggal Ika, sebagai benteng dan ideologi dasar pemuda,” papar Soerya.

BACA YANG LAIN JUGA :   Aplikasi Tanjak "Tanjungpinang Aktual" Ini Fungsinya

Dalam kesempatan tersebut, Soerya Respationo juga membuka ruang dan kesempatan bagi muda-mudi yang menjadi peserta untuk bertanya. Selama berbicara sebagai narasumber, Soerya terlihat sangat serius dan bersemangat saat memberikan pendalaman dalam memaknai dengan baik empat pilar kebangsaan. (***)

925

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *