9 Tips Bupati Anambas Antisipasi Cuaca Ekstrim

Shares

JurnalSidik.com, Anambas – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Abdul Haris Bupati bersama Wakil Bupati Wan Zuhendra melaksanakan kegiatan gotong royong massal di lapangan sepak bola Sulaiman Abdullah Tarempa.Kamis (22/9/2023)

Dalam kata sambutanya, Abdul Haris mengatakan aspirasinya yang setinggi tingginya dan menyambut baik atas terlaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab kita dan keperdulian atas potensi ancaman bahayan bencana.

“Mengingat kondisi geografis dan geologis Kabupaten Kepulauan Anambas pada umumnya, sangat memungkinkan untuk terjadinya suatu bencana. Apa lagi tahun ini sudah memasuki musim angin utara, yang mengakibatkan cuaca tak menentu dan juga berpotensi mengakibatkan pengomen El Nino dan Lalina ini. ujarnya.

Lanjut Abdul Haris menjelaskan kemungkinan terjadinya cuaca extreme, sehingga seluruh pihak diimbau meningkatkan kesiap siagaanya.

“Tidak seorangpun mengharapkan terjadinya bencana namun apa bila bencana itu terjadi semua komponen masyarakat harus siap menghadapinya dengan sikap bijaksana. Karena bencana tidak kita inginkan terjadi akan tetapi sikap waspada selalu kita ke depankan.”terang Haris.

Abdul Haris berharap agar pelaksanaan gotong royong massal ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan kordinasi dan solidaritas silahturami semua elemen dalam mengantisipasi potensi bencana ini.salah satunya adalah cuaca extrim.

Sasaran gotong royong adalah antara lain kita membersihkan jalan menebas bahu jalan terhadap rumput dan semak semak terutama ditikungan tikungan jalan yang bertujuan untuk keamanan berlalu lintas serta membersihkan sungai,patai serta gorong gorong serta bertujuan untuk kebersihan lingkungan dan mengurangi resiko banjir kala hujan lebat.

Abdul Haris juga memberikan 9 tips mengantisipasi cuaca extrim, Pertama periksa ramalan cuaca melalui BMKG atau aplikasi media sosial yang ada. Kedua, hindari mobilitas di tengah hujan lebat, karena hujan lebat mengakibatkan jarak pandang yang terbatas sehingga bisa memicu kecelakaan.

BACA YANG LAIN JUGA :   Anambas Terapkan SOP Penumpang Bebas Corona

Ketiga, konsumsi makanan sehat bervitamin khususnya vitamin C agar meningkatkan daya tubuh saat musim hujan sehingga kita menghindari dari sakit yang dapat menghentikan aktifitas kita.Keempat, tidur yang cukup dan hindari begadang Karna tidur yang cukup menghindari kita akan mendapatkan daya tahan tubuh yang baik.

Kelima, laporkan banjir dan genangan Karna melaporkan banjir dan genangan kita bisa membantu orang lain sekaligus kita bisa melinalisir korban akibat banjir dan genangan dengan melaporkan kepada pihak terkait hingga bisa mendapatkan penanganan dengan cepat dan tepat.

Keenam, tidak berteduh dibawah pohon Karna berteduh dibawah pohon saat hujan lebat disertai angin kencang, karena rawan pohon tumbang dan petir. Ketujuh, hindari rute rawan saat hujan adalah tidak baik lebih baik sedikit lebih lama menempuh perjalanan dengan berjalan rute yang lebih aman.

Kedelapan, menjaga kebersihan diri rumah dan lingkungan agar terhindar dari penyakit dan melimalisir ancaman bencana banjir tersebut.

“Kesembilan bijaksana dalam mengunakan air, saat turun hujan siapkan tempat penampungan air dan waspadai potensi kebakaran hutan dan lahan. Dan tidak membuka lahan dengan cara membakar, serta perhatikan intalasi jaringan listrik dirumah agar tidak terjadi kosleting listrik.”anjurnya.

Gotong royong massal ini akan disebar luaskan sampai kecamatan desa dan RT/RW seluruh Kepulauan Anamba.(Ags)

487

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *