Dedi Minta HNSI Kecamatan Bentuk Koperasi Nelayan dan Pokmaswas

Shares

Jurnalsidik.com, Anambas – Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Kepulauan Anambas, Dedi Syahputra meminta pengurus kecamatan membentuk koperasi nelayan dan kelompok pengawas masyarakat (Pokmaswas) perikanan.

Hal tersebut disampaikan Dedi saat Musyawarah Ranting HNSI Kecamatan Jemaja, di aula kantor Kecamatan Jemaja, Jum’at (29/7/22).

Dedi menjelaskan, untuk mewujudkan kesejahteraan nelayan dan mempermudah menerima bantuan pemerintah nelayan harus berkoperasi, sedangkan pokmaswas perikanan untuk menjaga kelestarian sumber daya kelautan dan perikanan dimana Pokmaswas nantinya akan membantu pengawas perikanan dan aparat penegak hukum.

“HNSI Kabupaten Kepulauan Anambas memiliki dua program strategis untuk dijalankan oleh pengurus kecamatan yaitu membentuk koperasi nelayan dan pembentukan atau pembaharuan pokmaswas disetiap kecamatan,” ujar Dedi.

Selain itu, Dedi juga meminta pengurus HNSI Kecamatan Jemaja nantinya untuk menyelesaikan persoalan nelayan secara musyawarah dan mufakat.

“Setelah HNSI Kecamatan terbentuk, nanti segera rapatkan untuk menyelesaikan persoalan nelayan secara musyawarah agar tidak terjadi perselisihan dan terpenting bagaimana penangkapan ikan yang dilakukan harus memperhatikan keberlangsungan sumber daya ikan,” imbuhnya.

Diketahui, Jamri terpilih sebagai Ketua HNSI HNSI Kecamatan Jemaja periode 2022-2027 secara aklamasi. (Os)

190

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *