Kabel Terbakar Nyaris Sebabkan Kebakaran Rumah Warga di Tarempa Barat

Shares

Jurnalsidik.com, Anambas,- Salah satu rumah warga tepatnya dirumah kediaman Awaludin camat siantan selatan dijalan Ahmad Yani, Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami kendala gangguan listrik dan mengakibatkan salah satu kabelnya uang menempel di dinding rumahnya mengeluarkan api Senin malam (22/4/2024).

Kejadian ini bermula dari pemadaman listrik sesaat pada jam pukul 22:35 Wib karena ada gangguan listrik dari gardu induk PLTD di Pasir Manang Tanjung Momong, Tarempa.

Di lokasi kejadian, terlihat banyak warga yang berkumpul menyaksikan peristiwa itu. Salah satunya, Kadafi yang ikut menyaksikan kabel listrik tersebut mengeluarkan api atau terbakar.

Menurutnya beberapa orang sudah ramai berkumpul untuk melihat adanya salah satu kabel yang terbakar. Dirinya lantas mengambil Alat Pemadam Api (APAR) yang ada di rumahnya dan menyemprotkannya di posisi di mana api itu terlihat dan api pun dapat dipadamkan.

“selanjutnya kami melaporkan kejadian ini kepihak PLN.” Ujarnya

Beberapa menit setelah laporan warga diterima pihak PLN, dua orang petugas PLN datang ke lokasi mengendarai sepeda motor. Petugas tersebut melakukan tindakan pengamanan dengan memutuskan kabel listrik yang bermasalah dan setelahnya menyambung dan memasangkan kembali.

Salah satu petugas PLN, Andika menerangkan kondisi yang dapat menyebabkan peristiwa tersebut.

“Kemungkinan kabel salah satu warga ada yang terlepas mungkin karna sesuatu maka terjadinya korsleting listrik dan telah kami perbaiki,”Ungkap Andika.

Menurut pemilik rumah, Awaludin kepada jurnalsidik.com. Dirinya mengetahui peristiwa kabel terbakar saat dirinya berada di lantai dua rumahnya, setelah mendengar suara ramai warga di bawah rumahnya, lalu dia pun keluar turun melihat kejadian tersebut.

“Ada keluar api di kabel di dinding yang berada di dinding rumah bapak kata mereka. Segera saya turun melihatnya dan saat itu salah satu warga kadafi bergegas terlihat membawa Alat Pemadam Api (APAR) dan segera menyemprotkannya ke api tersebut dan api pun segera padam”.ceritanya.

BACA YANG LAIN JUGA :   Satu Rumah Warga di Tarempa Habis Terbakar, Diduga Akibat Korsletting Listrik

Awaludin berencana akan melaporkan kejadian malam ini dan berharap pihak PLN segera mengambil tindakan, karena banyak kabel kabel yang bergantungan di dinding rumahnya.

“Saya berharap pihak PLN dapat mengambil tindakan agar kabel itu tidak lagi banyak menempel di dinding rumah saya,”harap Awaludin.

Awaludin menilai, apa bila kejadian ini tidak diketahui oleh warga, kemungkinan bisa terjadi kebakaran besar, mengingat kondisi pemukiman di desa tarempa barat yang padat dan ramai.

“Bila datang musibah kebakaran itu bisa jadi rumah kita habis terbakar semuanya apa bila Sempat terjadi kebakaran besar habis lah kita. Ujarnya.

Dengan kejadian kebakaran salah satu kabel warga tersebut tidak ada sampai memakan korban jiwa atau pun kerusakan harta benda warga, situasi semua dapat diatasi oleh pihak PLN dengan baik dan berjalan aman.(Agus)

615

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *