Kades Genting Pulur Lakukan Kunker ke Kantor Balai Benih Ikan (BBI) DKP Kepri

Shares

Jurnalsidik.com, Kepri – Kepala Desa Genting Pulur, Bambang Asmara melakukan kunjungan kerja ke kantor Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, di Desa Pengujan, diterima langsung oleh Kepala Balai, M Taufik diruang kerjanya, sabtu (06/03/2021).

Dalam kunjungannya, Bambang berharap agar pihak kantor BBI dapat memberikan pelatihan budidaya ikan agar budidaya perikanan di desa Genting Pulur semakin meningkat.

“Kami berharap pihak balai dapat turun ke desa kami untuk memberikan pelatihan budidaya ikan kepada masyarakat,” ungkap Bambang kepada kepala Balai.

Kades Genting Pulur, Bambang Asmara Saat konsultasi di BBI Kepri

Menurut Bambang, dirinya yang saat ini.menjabat sebagai kepala desa, menginginkan agar masyarakat desa Genting Pulur memiliki kemampuan untuk mengelola kekayaan alam di desanya untuk kesejahteraan masyarakat.

“Potensi Sumber Daya Alam(SDA) di sana (Genting Pulur-red) sangat banyak, namun perlu didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terlatih,” kata Bambang.

Bambang juga meninjau sejumlah point penting yang menjadi bidang pelayanan BBI Pengujan, yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan budidaya ikan di Genting Pulur, salah satunya harga benih ikan kerapu dan kakap.

Pada kesempatan itu. Kepala Balai M Taufik menyambut baik upaya terobosan yang dilakukan oleh Kepala Desa Genting Pulur untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia dan ekonomi masyarakat desa Genting Pulur.

Taufik mengakui salah satu fungsi balai benih, yakni memberikan pelatihan kepada nelayan budidaya. Namun, untuk BBI tidak dapat melakukan pelatihan hingga ke lokasi masyarakat. Oleh karena itu, dirinya menyarankan agar pihak desa dapat mengirimkan perwakilan warga untuk mengikuti pelatihan di BBI Pengujan

“BBI ini juga sebagai tempat pelatihan, dan kalau memang ada warga bapak yang serius, silahkan kirim kesini untuk mengikuti pelatihan dan tidak dikenakan biaya,” ungkap Taufik.

BACA YANG LAIN JUGA :   Terjadi Penambahan 4 Kasus Covid 19 di Tanjungpinang

Lanjut Taufik menjelaskan bahwa saat ini ada beberapa orang yang mengikuti pelatihan, baik dari SMK dan masyarakat. Setiap peserta diberikan pelatihan untuk pembudidayaan ikan. Sedangkan untuk benih ikan, saat ini Balai Benih hanya menyediakan benih ikan Kakap yang bersertifikasi.

Usai melakukan konsultasi, Kades Genting Pulur, Bambang Asmara berkesempatan melakukan peninjauan lokasi budiddaya ikan, mulai dari proses peneluran ikan, pendederan dan pembesaran yang berada di lokasi BBI. Selanjutnya Bambang juga meninjau lokasi budidaya ikan yang dilakukan oleh warga sekitar.(*)

848

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *