KELOMPOK TANI “TUNAS BARU” DESA GENTING PULUR TERIMA BANTUAN BIBIT PALA

Shares

Jurnalsidik.com, Anambas – Sebanyak 1.680 batang bibit Pohon pala disalurkan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau kepada Kelompok Tani “Tunas Baru” Desa Genting Pulur, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Kepulauan Anambas, Senin (13/06/2022).

Penyerahan bibit pohon pala dilangsungkan di area penyimpanan sementara bibit pohon pala yang berlokasi di samping Gedung Sekolah PAUD Kartini Desa Genting Pulur oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau yang diwakili oleh Bapak Achmad Fauzan, SP selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) beserta Rasyid Staff dinas kepada Rosyadi A Rahmat yakni Ketua Kelompok Tani Tunas Baru Desa Genting Pulur.

Pada kesempatan itu Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau juga didampingi oleh Bapak Virgo dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Iswandi Plt. Balai Benih Pertanian Terpadu Kecamatan Jemaja Timur, Dan disaksikan oleh Kepala Desa Genting Pulur.

Bibit Pokok Pala ini nantinya akan dibagikan kepada anggota kompok yang telah tercatat dan telah dilaporkan namanya ke Dinas terkait.

“Nah, sekarang Bibit ini sudah sampai dan diterima oleh Kelompok, bagilah bibit ini secara adil kepada anggota kelompok”, Pesan Pak Fauzan kepada Rosyadi A Rahmat selaku Ketua Kelompok Tani yang menerima bantuan ketika itu.

Fauzan menjelaskan bahwa bibit pala tersebut saat ini kondisinya sangat bagus, seperti yang terlihat ketika itu, namun ia berpesan agar tetap disiram dan dirawat dengan baik agar bibit tersebut tidak ada yang mati atau layu daun nya sebelum di tanam.

“Kita lihat kondisi saat ini bibit yang ada pada bagus semua, namu karna bibit ini menyebrangi laut, tentu ada yang terkena air laut, jadi sebelum bibit ini di tanam hendaknya dilakukan penyiraman setiap harinya, supaya percikan air laut tidak lagi menempel di daun bibit pala,” Pesan Fauzan.

BACA YANG LAIN JUGA :   Soerya - Iman Berkomitmen Rangkul Difabel Serta Salurkan Bantuan Tepat Sasaran

Sementara itu, Kepala Desa Genting Pulur Bambang Asmara mengucapkan terima kasih kepada Dinas terkait yang telah memperhatikan warganya dengan mengabulkan usulan bibit pala yang di ajukan oleh Kelompok Tani kepada dinas melalui Desa beberapa waktu lalu.

“Saya sangat berterimakasih sekali kepada Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Kesehatan Hewan Provinsi Kepulauan Riau serta Dinas Pertanian KKA yang telah memperhatikan dan membantu warga saya dalam hal pemberian bibit pala secara cuma-cuma tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun,” Terang Bambang.

Lebih lanjut Bambang menjelaskan bahwa, pembagian bibit ini merupakan langkah awal bagi para petani dalam mensukseskan bagi petani lokal dalam menghadapi masa mendatang. Menurut bambang tidak ada alasan bagi petani yang mendapatkan bantuan tidak serius dalam mengelola bantuan yang diberikan oleh pemerintah, dalam hal ini dinas pertanian Propinsi Kepri ini.

“Saya berharap agar anggota kelompok memanfaatkan bantuan yang didapat dengan sebaik mungkin, jangan sampai bantuan yang didapat terbuang sia-sia karena ketidak pedulian anggota kelompok, karna harga bibit pala ini tergolong lumayan tinggi, sangat tidak memungkinkan sekali jika kita beli dengan uang pribadi, apalagi dengan ekonomi sekarang tentu amat sulit. Nah, sekarang, ini semua mereka dapatkan dengan cara cuma-cuma tanpa mengeluarkan uang sepeserpun, terkecuali biaya angkut lori,” Ucap Bambang.

Dikatakan nya bahwa dalam waktu dua atau tiga hari kedepan bibit pala ini baru akan dibagikan ke anggota kelompok, dan ada 7 (tujuh) orang nantinya yang akan menerima bibit pohon pala ini dan akan dibagikan oleh ketua kelompok secara merata.

“Dari 1.680 batang bibit pohon pala yang ada, maka nantinya anggota kelompok masing-masing akan mendapatkan sekitar 240 batang per orang nya,” Tutup Bambang. (*)

BACA YANG LAIN JUGA :   ODP Meningkat, Kadinkes Kepri Imbau ASN Patuhi Arahan Plt Gubkepri
303

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *