Misi Utama dan Program Prioritas Yusrizal – Fathurrahman

Shares

Jurnalsidik.com, Anambas – Kondisi masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) Anambas sejak tahun 2016 hingga tahun 2019. Kesejahteraan masyarakat dinilai tidak mengalami perubahan yang signifikan sejak tahun 2016. BPS mencatat laju pertumbuhan ekonomi di Anambas mengalami penurunan sejak tahun 2017 mencapai angka -0,10, dan penurunan laju pertumbuhan terparah berlangsung pada tahun 2018, mencapai angka -8,21, sedangkan pada tahun 2019, penurunan laju pertumbuhan ekonomi berada pada angka – 0,13. Penurunan tahun 2019 berlangsung di saat pertumbuhan ekonomi di Kepulauan Riau mengalami percepatan pada angka 4,89.

Selain turunnya pertumbuhan ekonomi Anambas. BPS juga mencatat Indeks Pertumbuhan Manusia (IPM) di Anambas pada berada pada urutan kedua terendah di Kepulauan Riau sejak 2016 s/d 2019. Empat (4) komponen IPM, yakni ditinjau dari angka harapan hidup di Anambas tahun 2019 berada pada angka 67,06. Peningkatan selama 3 tahun hanya 0,5 sejak tahun 2016 pada angka 66,54. Indikator Angka harapan lama sekolah dan rata rata lama sekolah serta pengeluaran per Kapita penduduk juga jauh dibawah standar Provinsi Kepulauan Riau.

Hingga kini, pertumbuhan sektor lainnya di Anambas juga tidak signifikan dan merata. Kondisi masyarakat Anambas nyaris tidak berbeda di saat Drs H Yusrizal ditunjuk sebagai Penjabat Sementara Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) selama 8 bulan, pada 10/tahun silam.

Meski sudah lewat lima tahun merasakan masa pengabdian singkat Drs Yusrizal yang hanya selama 8 bulan itu, tetapi sebagian masyarakat masih merindukan sosok Drs H Yusrizal sebagai pemimpin yang bersahaja dan membangun serta rela berkorban untuk kesejahteraan masyarakat Anambas.

Di Pilkada Anambas saat ini dan di masa pensiunnya. Drs H Yusrizal diminta oleh masyarakat Anambas untuk mengabdikan diri membangun Anambas bersama Putra daerah Anambas yang juga mantan Aparatur Sipil Negara (ASN), yakni H Fathurrahman SE.

BACA YANG LAIN JUGA :   "Romo Datang Kat Kampung Kami, Hidup Nomor Satu" Teriak Warga Sambut Soerya di Pulau Kasu

Di Pilkada Anambas, dua birokrat ini di usung oleh Partai Amanat Nasional dan Partai Hanura. Sebagai calon dengan Nomor Urut 2 (dua), Pasangan calon yang memiliki Hastag “Yus-Fatuh” ini memiliki niat untuk mengangkat kondisi masyarakat Anambas memiliki kesejahteraan yang merata, sesuai Visinya.

Untuk Anambas, Paslon Yus-Fatuh memiliki Visi “Menjadikan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) sebagai kabupaten yang maju dengan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur yang merata serta tercipta rasa aman, nyaman, damai dan harmonis”.

Untuk mencapai visi itu, Paslon dari birokrat ini memiliki 8 (delapan) Misi dan 10 (sepuluh) program kerja.

Dari 8 Misi itu, diharapkan dapat mewujudkan Visi Paslon Nomor Urut 2 (dua), menjadikan Anambas sebagai daerah yang sejahtera. Dalam penyusunan Misinya, Yusrizal – Fathurrahman secara bijak menetapkan untuk menjadi misi pertama, yakni “Menerapkan sistem tata kelola aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang baik dan bersih (Good & Clean Gouvernance), serta meningkatkan kemampuan personel ASN agar lebih profesional di bidang kerjanya masing-masing.”

Sebagai pemimpin berpengalaman di pemerintahan selama puluhan tahun. Pasangan calon Drs H Yusrizal – H Fathurrahman SE sangat memahami pentingnya Tata Kelola Aparatur Sipil Negara dan Kemampuan ASN yang profesional dan memiliki integritas pelayanan yang baik dan bersih dari nilai – nilai KKN.

Calon Bupati Anambas Drs H Yusrizal dan calon Wakil Bupati Anambas, H Fathurahman SE merupakan pejabat yang berpengalaman memimpin sistem birokrasi, sehingga memahami pentingnya integritas dalam pelayanan dan pelaksanaan tugas untuk mencapai target kinerja dan sasaran.

Untuk mendukung Misi itu (ASN-red), Pasangan Yus-Fatuh memiliki 2 (dua) prioritas Program Kerja di bidang pemerintah daerah, meliputi :
A. Integritas ASN Pemkab Anambas.
– disiplin dan budaya kerja keras
– membangun ASN/PNS di Pemkab Anambas yang bersih dan berwibawa yang dapat memberikan keteladanan.
– membangun sistem manajemen pemerintahan yang teratur, rapi, efektif dan efisien dalam melayani masyarakat.
– Mencanangkan pemerintahan yang baik dan bersih (Good and Clean Gouvernance) di Kabupaten Kepulauan Anambas.

BACA YANG LAIN JUGA :   Mulia Rindo Ungkap Potensi Majunya Perekonomian Kepri Dipimpin Soerya-Iman

B. Kinerja ASN di Pemkab Anambas :
– Membangun Sentral Pelayanan Terpadu (One Stop Service) untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan kalangan dunia usaha dalam mengurus administrasi / dokumen dan lain sebagainya, agar urusan lebih efektif dan efisien, serta dilakukan secara online komputerisasi dengan sistem Informasi Teknologi.
– Mengefektifkan seluruh ASN/PNS di Pemkab Anambas.
,- Meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) agar ASN/PNS di Pemkab Anambas lebih Profesional di bidang kerjanya masing – masing.

Dengan diterapkannya sistem tata kelola aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas yang baik dan bersih, serta meningkatnya kemampuan personel ASN sehingga lebih profesional di bidang kerjanya masing-masing. Paslon Nomor Urut 2 ini optimis pelayanan pemerintah terhadap masyarakat, secara langsung maupun tidak langsung menjadi lebih baik.

Pemerintah akan berjalan sesuai fungsinya. Memberikan pelayanan dan dukungan secara merata dan tanpa unsur KKN, untuk mendukung kegiatan yang bersifat untuk kesejahteraan dan kemandirian masyarakat. (*)

777

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *