Nelayan Anambas Menjerit, Harga Jual Ikan Dan Cumi Anjlok

Shares

Jurnalsidik.com.Anambas -Dalam sepekan ini, nelayan Kabupaten Kepulauan Anambas mengalami masa-masa tersulit. Sebab, harga beli hasil tangkapan mereka turun lebih dari 30 persen dan kondisi ini semakin terpuruk dimana hasil tangkapan mereka tidak ada pelaku usaha perikanan yang mau membeli.

Ditambah lagi dengan adanya peraturan Kementrian Kelautan dan perikanan Republik Indonesia (KKP – RI)pungutan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pada nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas menjadi problem buat nelayan nelayan kecil di Kabupaten Anambas.

Sebelumnya harga beli cumi-cumi di Anambas ada dikisaran Rp 30.000 per kilo, sekarang mengalami penurunan menjadi Rp 18.000 per kilonya.

Para nelayan terkhusus nelayan tangkap dengan alat penangkapan ikan bagan apung mengeluh dan tidak tahu harus berbuat apa, agar hasil tangkapan mereka dapat dijual.

Salah satu pelaku usaha perikanan di Tarempa, Jupri membenarkan bahwa pihaknya tidak dapat lagi membeli hasil tangkapan nelayan, sebab seluruh tempat peyimpanan ikan penuh.Rabu(15/11/2023)

“Kondisi parah, gudang (penyimpanan ikan) penuh, jadi kami tidak bisa membeli hasil tangkap nelayan,” jelas Jupri.

Sementara itu, kondisi ketidak pastian ini diperkirakan akan berlangsung cukup lama sampai kapal pengangkut ikan yang membawa hasil tangkapan nelayan Anambas ke Jakarta, masuk ke Anambas.

“Ditempat yang sama Hal senada juga diaku ini oleh Mely ibu rumah tangga salah yang setiap harinya belanja dipasar tersebut.Untuk saat ini ikan karang lainnya banyak tapi untuk ikan tongkol tidak banyak kelihatan, hanya beberapa tumpuk saja yang terlihat.dari.

Sementara infomasi dari beberapa pedagang ikan dipasar tarempa mengatakan harga jual ikan tongkol dijual awalnya perkilo Rp 20 ribu kini menurun menjadi Rp 17 atau Rp16 ribu / Kg.

BACA YANG LAIN JUGA :   DPD KNPI Anambas Sosialisasi "Generasi Emas Menolak Pelecehan Seksual".

“Ikan bunga baruk Rp 35 ribu/kilonya,ikan selar Rp 25 ribu/kilo,Mahan Rp 14 ribu /kilonya.kerapu begak Rp 35 ribu/kilogrqm sementara untuk ikan tenggiri perkilogram Rp 60 ribu/kilonya untuk kemarin harga tenggiri di atas Rp 80 ribu /kilonya kini untuk harga ikan ini hargannya menurun.,”kata Atnan penjual ikan.(Agus)

457

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *