Belajar Bahasa Isyarat, Soerya Respationo Ingin Lebih Dekat Dengan Difabel

Shares

Jurnalsidik.com, Batam – Sebagai seorang pemimpin, HM Soerya Respationo merupakan sosok yang dekat dengan berbagai golongan, serta sifatnya yang suka membantu, membuat dirinya banyak dicintai masyarakat. Tak terkecuali bagi saudara-saudara kita yang berkebutuhan khusus atau Penyandang Disabilitas/difabel di Kepri.

Di salah satu video yang diunggah akun instagram @rezkiachyana. Calon Gubernur Kepri no urut 1, Soerya Respationo terlihat asyik berkomunikasi bersama teman penyandang disabilitas bernama Acendy. Saat itu, Soerya Respationo mempelajari cara memperkenalkan diri dengan bahasa isyarat dari Acendy.

“Hai teman-teman, sekarang gue lagi bersama Acendy, yang akan ngajarin bahasa isyarat sama pak Soerya Respationo, tokoh masyarakat Kepri. Yok Belajar,” ujar Rezki.

Saat itu, Soerya tampak mampu menguasai bahasa isyarat. Ia memperagakan bahasa isyarat untuk memperkenalkan nama dan panggilan isyaratnya.

Dengan kemampuan berkomunikasi itu, Soerya Respationo semakin memahami lebih dekat kebutuhan kawan-kawan difabel yang selama ini perlu mendapatkan perhatian lebih.

“Saya mencoba belajar bahasa Isyarat bersama Acendy, bukan sekedar untuk belajar, namun lebih untuk keinginan tahu lebih dekat kepada saudara-saudara kita yang memiliki keterbatasan bicara dan mendengar,” jelas Soerya Respationo.

Dalam beberapa pesan ucapan yang dirilisnya di sosial media, Soerya Respationo menyertakan peraga isyarat agar memudahkan penyandang disabilitas khususnya yang memiliki keterbatasan pada pendengaran bisa memahami isi video ucapannya.

“Salah satu program prioritas Soerya – Iman adalah meningkatkan alokasi anggaran jaminan kesehatan dan jaring pengaman sosial bagi masyarakat dan penyandang disabilitas terhadap pembiayaan yang tidak ditanggung BPJS dan KIS,” jelas Soerya.(***)

 

394

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *