Cara Bijak Desa Molanihu Cegah Covid-19

Shares

MENCEGAH PENULARAN VIRUS CORONA COVID 19 DI DESA MOLANIHU.. Begini Kata Kades..

Gorontalo. Jurnalsidik.Com– Desa Molanihu Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo kini sedang bergelut dengan penanganan pencegahan penyebaran virus corona covid 19. Kondisi ini diungkapkan oleh kepala Desa Molanihu Erni S Malahedi, saat ditemui di Posko penanganan wabah covid-19 Rabu 15 April 2020.

Sebagai Kepala Desa Molanihu, Erni S Malahedi telah membuat beberapa kebijakan untuk melindungi masyarakat desanya dari bahaya Covid-19. Salah satunya, menggeser anggaran tahun 2020, guna penanganan pencegahan covid 19.

“Kebijakan ini kami lakukan berdasarkan juknis yang mengatur tentang penanganan covid 19 atau corona virus. Kami sadar, bahwa wabah virus corona ini sangat berdampak pada sendi sendi kehidupan masyarakat.” kata Erni.

Penggeseran anggaran ini diharapkan dapat menunjang usaha dan kerja Pemerintah Desa menangani pencegahan wabah virus corona. Rencananya, pihak desa akan mengadakan Alat Pelindung Diri untuk memfasilitasi masyarakat Desa Molanihu.

Alat Pelindung Diri yang diadakan. Tutur Erni, berupa masker dan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan Hand Sanitizer, dan ditempatkan di rumah rumah penduduk.

Selanjutnya, untuk mengatasi tingkat pendapatan masyarakat yang menurun akibat wabah virus corona covid 19, ungkap Erni, pihaknya telah memberikan bantuan sembako kepada masyarakat terutama mereka yang kategori miskin.

“Perhatian terhadap ancaman wabah ini, kita memaksimalkan fungsi posko selama 1 x 24 jam. Saya bersama aparat Desa, Pengurus BPD, LPM dan Karang Taruna, bergerak bersama tim relawan dalam memaksimal kan peran posko dibantu satu orang tenaga kesehatan.” kata Erni.

Lanjut Erni menjelaskan, kebijakan lain yang dilakukan, yakni membangun Posko persimpangan, sebagai pintu masuk menuju desa. Prosedurnya, setiap orang yang akan ke Desa Molanihu akan diperiksa kesehatannya, walaupun mereka sudah dilakukan pemeriksaan di desa tetangga. Dan bagi yang tidak memakai masker kami minta untuk memakainya.

BACA YANG LAIN JUGA :   Berikan Bantuan Sembako Kepada Masyarakat Oleh Satgas Raider 300

“Khusus pendatang yang mempunyai sanak keluarga di Desa Molanihu dan bermaksud tinggal dengan keluarganya lebih dari 14 hari, kita akan melakukan pemeriksaan rutin sesuai Standar Operasional Prosedur kesehatan, “Tegas Erni”

Masih kata Kepala Desa Molanihu Erni S Malahedi, himbauan untuk dirumah saja, selalu menggunakan masker saat diluar rumah, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sebagaimana petunjuk protokol kesehatan selalu kami sampaikan kepada masyarakat.

Pihaknya berharap, dengan usaha maksimal yang dilakukan ini, akan memberikan hasil dan manfaat dalam rangka mencegah penularan virus pandemik covid 19 di Desa Molanihu. Kamis, 16/4/2020.

Penulis : Zulkarnaen

398

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *