Garda Pemuda Nasdem Kepri Raih Peringkat I PSP Berderma Award

Shares

Jurnalsidik.com, BATAM – Pemuda Siaga Pandemi Bersama Donor Darah dan Donor Plasma (PSP Berderma) Garda Pemuda NasDem Kepri, mendapat apresiasi dari berbagai kalangan atas aksi kemanusiaan yang dilaksanakan.

Program yang digelar serentak di seluruh provinsi di Indonesia menjelang hari kemerdekaan tersebut mampu menyumbangkan ribuan kantong darah dan ratusan plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan masyarakat yang terpapar Covid-19.

Ketua Umum DPP Garda Pemuda Nasdem, Prananda Surya Paloh (tengah), menggelar zoom Berderma Award 2021.

Ketua Umum DPP Garda Pemuda NasDem, Prananda Surya Paloh (PSP) yang menginisiasi aksi kemanusiaan tersebut memberikan apresiasi kepada peserta di 34 provinsi melalui “PSP Berderma Award”, yang digelar melalui zoom pada Sabtu 21 Agustus 2021.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Garda Pemuda NasDem Kepri yang dinahkodai Allib Murniman masuk dalam nominasi dan terpilih sebagai Peringkat Terbaik I dalam kategori pendonor terbanyak, dengan jumlah pendonor 542 orang, dalam kurun waktu 2 hingga 18 Agustus 2021. Terdiri dari 504 donor darah biasa, 31 pendonor plasma konvalesen dan 7 pendonor yang tidak berhasil donor plasma.

Ketua DPW Garda Pemuda Nasdem Kepri, Allib Munirman (berdiri) Mengikuti zoom Berderma Award 2021

Peringkat kedua jatuh pada DPW Papua Barat dan diikuti DPW Jawa Barat di peringkat ketiga. Atas prestasi tersebut, Allib Murniman selaku Ketua DPW Garda Pemuda NasDem Kepri mengatakan, perolehan penghargaan tersebut didedikasikan kepada seluruh masyarakat Kota Batam dan Provinsi Kepri yang menjadi pendonor, baik donor darah biasa maupun donor plasma konvalesen.

“Kami sangat bangga kepada para pejuang kemanusiaan, yakni para pendonor yang dengan penuh kesadaran dan kerelaan, menyumbangkan darah dan plasmanya untuk membantu sesama, ditengah pandemi Covid19 yang melanda bangsa ini. Merekalah yang layak mendapatkan penghargaan ini,” ujarnya, Minggu 22 Agustus 2021.

BACA YANG LAIN JUGA :   Peringati Hari Pahlawan, Soerya–Iman Upacara Bersama FORKOM se-Jatim

Allib mengajak masyarakat untuk sama-sama menumbuhkan kesadaran membantu Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memenuhi ketersediaan darah, demi membantu sesama. Pihaknya pun bertekad untuk terus melanjutkan program kemanusiaan tersebut.

“Berdonor itu sangat mulia. Sebab setetes darah kita sangat berarti untuk kehidupan orang lain. Program mulia ini akan terus kita lakukan secara periodik untuk membantu PMI dalam ketersediaan darah dan plasma konvalesen. Kita akan terus mengedukasi masyarakat akan arti pentingnya berdonor, baik donor darah biasa maupun donor plasma untuk membantu penyembuhan saudara-saudara kita yang terpapar Covid-19,” urainya.

Tidak hanya sampai berhenti di sini, kedepan DPW Garda Pemuda NasDem Kepri juga tengah menyusun program kemanusiaan berupa vaksin yang dinamakan “PSP Bervaksin.”
“Skemanya sedang kita matangkan. Sebagai bentuk kepedulian kita membantu pemerintah dalam mensukseskan program vaksin. Tentu kita akan bergandengan tangan dengan stakeholder dan instansi terkait agar tepat sasaran dan tidak menimbulkan kerumunan,” tutupnya.

Senada dengan itu, Ketua Satgas PSP Berderma Kepri, Brian S Lasse menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada PMI Kota Batam yang dengan aktif memfasilitasi program PSP Berderma. “Kami ucapkan terimakasih kepada Ketua PMI Kota Batam, juga dr Novi, dr Melvin dan semua jajaran di PMI Kota Batam. Mereka adalah para pejuang yang sangat luar biasa,” katanya.

Sebagaimana diketahui, selama masa Pandemi Covid19 kebutuhan darah dan plasma konvalesen sangat tinggi. Sementara jumlah pendonor tidak sebanding dengan kebutuhan.
Sehingga diharapkan partisipasi masyarakat untuk mendonorkan darah dan bagi penyintas Covid19 mendonorkan plasma konvalesen untuk membantu penyembuhan pasien yang terpapar Covid19.

Sebagaimana diketahui, plasma konvalesen dapat diambil dari mereka yang pernah terjangkit Covid19 yang sudah dinyatakan sembuh minimal 14 hari, dengan usia 18 hingga 60 tahun. Sementara di Kepri alat untuk donor darah konvalesen baru ada di PMI Kota Batam. (*)

BACA YANG LAIN JUGA :   Peran Aktif Milenial Mengantarkan Soerya-Iman Menuju Kepri 1
571

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *