Visi H Nindin Membangun Koperasi Modern Berbasis ITE

Shares

Jawa Barat. Jurnalsidik.com– Ketua Koperasi Karyawan (Kopkar) PT. BCA Tbk. Mitra sejahtera – Jawa Barat H.NINDIN DIAN SUARSA memiliki visi untuk memprioritaskan keselamatan gerakan koperasi ditengah pandemi covid19. Prioritasnya dimulai dari wilayah perkotaan yang dapat dijangkau oleh teknologi jaringan internet atau online.

Meski demikian, jumlah koperasi konvensional atau non berbasis teknologi masih mendominasi di Indonesia. Haji Nindin berharap, secara perlahan, koperasi konvensional beralih menggunakan Informasi Teknologi Elektronik (ITE) dalam mengembangkan usahanya, terutama dimasa pandemi Covid-19

Penggunaan ITE, menurutnya selain efisien, juga dapat membangun jangkauan pasar yang luas dengan transaksi online. Sehingga sistem pembayaran non tunai lagi dapat dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas perbankan seperti melalui m-banking, atau produk perbankan lainnya. BCA menyediakan fasilitas untuk kemudahan transaksi, seperti flazz, QR , kartu debit dan kartu kredit.

Bahkan saat ini, menurut H Nindin, pihaknya sedang mengupayakan memiliki ATM koperasi. Bank sebagai mitra Koperasi dan UMKM dapat bersinergi mendukung penyaluran kredit bisnis.UMKM dapat membangun jaringan – jaringan usaha yang sesuai dengan kebutuhan anggota dan masyarakat.

Harapannya kepada pemerintah agar fokus mensuport koperasi secara maksimal. Pemerintah dapat memfasilitasi kerjasama antara bisnis koorporate besar, atau perusahaan-perusahaan lainnya dengan koperasi.

“Saling mensuport seperti yang terdapat pada UU NO 12 tahun 1967, Tentang Perkoperasian hal ini supaya koperasi mempunyai hak yang sejajar dengan perseroan, sehingga mempunya hak yang sama dalam tender pengadaan barang,”harap Nindin. Selasa (12/05).

Untuk mendongkrak produktifitas koperasi. Lanjunya. perlu inovasi dari kalangan milenial, melakukan rebranding pengenalan publik secara cepat, sigap dan smart dalam proses pekerjaannya. Kedepannya, koperasi mampu menopang kehidupan bangsa dan bersaing bersama perusahaan skala raksasa di dalam dan luar negeri.

BACA YANG LAIN JUGA :   Adakan Pemeriksaan, 5 Botol Miras Berhasil Diamankan Satgas Yonif MR 411 Kostrad

” Banyak contoh di luar negeri koperasi sukses2 Seperti di Belanda, Jepang, Korea pasti di Indonesia juga bisa dengan catatan dikelola secara baik dan didukung oleh masyarakat dan pemerintahan.”katanya.

Pada kesempatan itu, Haji Nindin berterima kasih kepada Ibu Lisnawati Suwondo selaku direksi PT BCA,TBK. Jakarta, Ibu Fely hardinata selaku kakanwil 1 Jawa Barat, Bapak Hendra Tan selaku kepala divisi HCM PT.BCA, TBK Jakarta.dan rekan-rekan Kopkar BCA Bandung.

“Suport dan salam untuk teman –teman penggurus kopkar PT. BCA Se- Indonesia tetap semanggat dalam bekerja,” ujarnya

Sebagai karyawan BCA, Ketua Koperasi, dan Advocad serta Pengurus di Dekopin sebagai ketua bidang jasa dan permodalan, H Nindin menyampaikan bahwa skala Kopkar BCA tergolong besar. Harapan dengan terpilih dirinya sebagai ketua Kopkar BCA sekunder se-Indonesia di Yogyakarta, menghimbau kepada pihak management untuk lebih serius.

“Pihak manajemn harus tahu juga bahwa gerakan koperasi ini tdk main-main. ” tegasnya” diakhir wawancara dengan awak media. Selasa, 12/5/2020.

Penulis : Zulkarnain

606

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *