Indonesia Produksi Ventilator, Penuhi Kebutuhan Dalam Negeri Dan Ekspor

Shares

Jakarta. Jurnalsidik.com– Menteri Keuangan Sri Mulyani pastikan Indonesia tetap bekerja sama dengan negara-negara lain dalam penanganan COVID-19. Salah satunya dengan china, dalam penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga kesehatan.

Sebagai negara produsen APD terbesar di dunia, kata Sri Mulyani, Indonesia juga membuka ekspor APD yang menjalin kerja sama global dalam menangani COVID-19, tetapi pemenuhan APD bagi kebutuhan dalam negeri tetap diprioritaskan.

“Jadi kontrak dengan negara lain tetap akan kita penuhi, tetapi kita batasi, karena untuk pemenuhan kebutuhan APD di dalam negeri,” ucapnya.

Menurut Sri Mulyani, permintaan APD sangat tinggi, banyak negara yang sangat membutuhkan APD, namun kita juga membutuhkannya. Di sisi lain, Indonesia juga mendapat keuntungan karena mendapat hak produksi ventilator sendiri.

Ventilator yang sudah diumumkan property right nya bisa diproduksi, ini membuka kesempatan bagi industri untuk membuat ventilator sesuai spesifikasi kesehatan. Ini salah satu bentuk kerja sama global,” pungkasnya. Jumat, 17/4/2020

Penulis : Zulkarnain

376

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *